Apa Itu Bearish dan Bullish di Pasar Saham?

 Bagi investor pasar saham, istilah saham bearish atau saham bullish pasti sangat akrab didengar.

 Namun, bagi investor pemula, kedua istilah tersebut kerap membuat bingung. Apa sebenarnya arti istilah bearish dan bulish di pasar saham? 

Kedua istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris, bear yang artinya beruang, dan bull yang artinya banteng.

 bearish dan bullish adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tren di pasar saham secara umum.

Pagi Merah Bila dilihat berdasarkan asal mula penggunaan istilah tersebut, kata bearish dan bullish digunakan berdasarkan cara masing-masing hewan yang menjadi pengibaratan melakukan serangan. Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sikapiuangmu.ojk.go.id, cara seekor beruang atau bear menyerang menggunakan cakarnya dengan pola gerakan dari atas ke bawah. 

Sehingga, bearish adalah isitilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi pasar ketika terjadi banyak aksi jual dan pasar menurun atau melemah. Sebaliknya, seekor banteng atau bull menyerang dengan cara menyerbu cepat dan mengangkat tanduk di kepalanya ke arah atas. Artinya, bullish adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi pasar yang sedang mengalami tren naik atau penguatan. Penggunakaan kata bearish dan bullish umumnya digunakan untuk menggambarkan kondisi atau tren edi pasar modal. 

Ketika seseorang mengatakan kondisi pasar modal sedang bearish, maka bisa diartikan sebagian besar investor secara psikis sedang berhati-hati atau pesimis dengan kondisi perekonomian yang belum meyakinkan. Atau, berdasarkan teori Dow yang diciptakan oleh Charles H Dow, yakni ketika indeks pasar telah turun sebesar 20 persen. 

Sebaliknya, untuk kondisi pasar bullish, yakni kondisi ketika investor sedang optimis atau indeks pasar mengalami peningkatan sebesar 20 persen. Baik ketika kondisi pasar sedang bullish atau bearish, akan berpengaruh terhadap keputusan investasi seseorang. Sehingga, menjadi penting untuk investor benar-benar mengenal kondisi pasar ketika melakukan keputusan investasi.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Bearish dan Bullish di Pasar Saham?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel