7 Trik dan Cara Hemat Kuota di Smartphone Android dan iPhone, Irit Pengeluaran!

7 Trik dan Cara Hemat Kuota di Smartphone Android dan iPhone, Irit Pengeluaran! 

Yulia Kartika | Teknologi

7 hours ago 

Ilustrasi smartphone dan koneksi internet. [Freepik]

Ilustrasi smartphone dan koneksi internet. [Freepik]

Penggunaan kuota internet memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi bagaimana cara hemat kuota agar pengeluaran tidak melonjak? Tenang saja, Anda bisa menggunakan aplikasi dan fitur bawaan dari smartphone untuk membantu Anda menghemat kuota internet. Ikuti trik sederhana dan efektif ini untuk mengurangi penggunaan data internet di smartphone Android dan iPhone, pasti irit pengeluaran!

1. Menutup Data Seluler secara Manual

Mungkin Anda pernah asyik mengoperasikan smartphone hingga tak menyadari telah melebihi kuota data internet. Sayangnya, internet seluler selalu tidak terbatas penggunaannya. Setelah melebihi kuota, Anda akan dikenakan biaya tambahan dari pulsa yang ada. Untuk itu, Anda perlu solusi cerdas.

Menghemat Data Internet Seluler Android

Anda dapat membatasi penggunaan data internet seluler di Android menggunakan alat bawaan (bulit-in tools).

Buka Setting.

Pilih Network & Internet > Data usage

Ketuk Data warning & limit dan setel data warning (misalnya, batasan di bawah 1 GB)

Atur data limit untuk menentukan batas operator

Pada Data Usage, aktifkan Penghemat data untuk menggunakan data lebih sedikit

Cara Hemat Kuota Internet di iPhone

Pilih Setting > Mobile data untuk melihat berapa banyak data seluler yang digunakan saat ini. Ada juga total roaming saat ini.

Pada halaman ini, Anda bisa blokir aplikasi yang tidak ingin Anda akses memakai internet dengan mengetuk switches, terutama aplikasi streaming.

2. Gunakan Data-Compressing Apps

Anda bisa menggunakan aplikasi pengompres data untuk mengurangi penggunaan data internet. Untuk Google Chrome memiliki alat penghemat data bawaan. Aktifkan Setting > Data Saver > Gunakan Data Saver.

3. Gunakan Wi-Fi sebagai Gantinya

Cara hemat kuota pada smartphone yang paling efektif adalah beralih ke jaringan Wi-Fi. Wi-Fi gratis tersedia hampir di semua tempat, di sekolah, mall, kampus, bahkan bisa memasang internet rumahan di rumah. Gunakan Wi-Fi di mana pun tersedia. Meski tak semua jaringan Wi-Fi aman, namun Anda bisa melindungi diri dengan berlangganan VPN seluler.

4. Hentikan Aplikasi dari Sinkronisasi Otomatis

Saat memakai smartphone, banyak aktivitas terjadi di latar belakang. Misalnya, Google Play dan App Store Apple memeriksa pembaruan aplikasi. Sedangkan aplikasi media sosial mendorong pembaruan berkala. Bahkan sinkronisasi aplikasi secara otomatis dapat menyita kuota internet.

Cara menonaktifkan sinkronisasi aplikasi Android

Buka Setting > Apps & notifications. Anda bisa tahu aplikasi yang menyinkronkan berbagai data. Ketuk masing-masing aplikasi dan periksa penggunaan data. Jika terlalu banyak, ketuk Data usage lalu nonaktifkan Background Data.

Menonaktifkan Sinkronisasi Aplikasi iPhone

Cara nonaktifkan aplikasi agar tidak disinkronkan, melalui Setting > [Your Name] > iCloud. Kemudian ketuk setiap layanan yang tidak perlu disinkronkan.

5. Pastikan Aplikasi Cloud Hanya Menggunakan Sinkronisasi Wi-Fi

Untuk mengunggah foto secara otomatis atau mengakses dokumen di Google Drive, pastikan layanan ini tidak memakai data seluler. Sebagai gantinya, konfigurasikan menggunakan Wi-Fi saja. Periksa pengaturan khusus untuk aplikasi cloud berdasarkan platform seluler (Android atau iOS).

6. Simpan Musik di Smartphone

Cara hemat kuota ini sangat berguna. Daripada harus selalu streaming audio, unduh saja musik ke smartphone. Pastikan penyimpanan cukup untuk menyimpan koleksi musik favorit. Anda bisa memutar musik favorit Anda kapanpun tanpa perlu internet.

7. Matikan Mobile Internet Settings ke 3G

Sebagian besar smartphone kelas atas saat ini mendukung data 4G dan 5G. Dengan kecepatan internet yang lebih cepat, berarti penggunaan kuota data seluler lebih cepat habis. Anda bisa hemat kuota internet dengan menurunkan versi ke 3G.

Perangkat Android

Buka Setting > Internet & Network

Ketuk Mobile Network > Advanced

Pilih Prefered network type

Pilih preferensi. Gunakan hanya 3G, atau 3G/2G

Perangkat iOS

Setting > Mobile Data > Mobile Data Options

Ketuk Voice & Data

Pilih 3G atau LTE Nonaktif

Itulah beberapa trik dan cara hemat kuota internet pada smartphone Android dan iPhone yang bisa Anda coba. Banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan smartphone secara offline meskipun tidak memerlukan koneksi data.

Belum ada Komentar untuk "7 Trik dan Cara Hemat Kuota di Smartphone Android dan iPhone, Irit Pengeluaran!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel