ITS Rancang Aplikasi Ujian Cerdas i-Assessment untuk Menilai Kemampuan Siswa

 Regu studi Institut Teknologi 10 Nopember( ITS) menghasilkan aplikasi tes daring berbasis android bernama Intelligent Assessment ataupun i- Assessment. Regu studi ini terdiri dari gabungan dosen serta mahasiswa ITS. Memperhitungkan seberapa jauh keahlian siswa dalam menguasai sesuatu kompetensi pendidikan paling utama pada masa pandemi ialah perihal yang rumit. 

Sehingga diperlukan tata cara evaluasi yang tidak cuma menunjukkan skor siswa, namun pula sanggup memperhitungkan keahlian siswa secara komprehensif. Dari latar balik inilah aplikasi ini terbuat. Pimpinan regu studi i- Assessment yang pula Sekretaris ITS Dokter Umi Laili Yuhana menarangkan, aplikasi ini ialah besutan dari regu risetnya yang terdiri dari 9 orang gabungan dari dosen serta mahasiswa ITS sendiri. 

Pilih Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Kesembilan orang tersebut membuat aplikasi ini buat mendukung pendidikan siswa bertepatan sebab terdapatnya perpindahan pola pendidikan tersebut secara tiba- tiba.“ Sehingga terciptalah i- Assessment buat penuhi fasilitas teknologi pembelajaran jarak jauh yang efisien,” ucap dosen yang akrab disapa Yuhana ini, lewat siaran pers, Yuhana mengatakan, i- Assessment berbeda dengan aplikasi tes tradisional. 

Aplikasi ini sanggup memilah optimal 6 soal per kompetensi dengan bermacam fitur pintar. Perihal ini meliputi keahlian aplikasi dalam memilah soal secara adaptif, melaksanakan pemetaan keahlian partisipan, serta fleksibel terhadap bermacam subjek uji.“ Dengan aplikasi ini, guru hendak lebih gampang mencari modul apa yang jadi kesusahan para siswa,” tambahnya.

 Lebih dalam, 6 soal yang terpilih kepada tiap- tiap siswa tersebut hendak mempunyai 3 tingkatan kesusahan ialah hard, medium, serta easy. Tidak hanya itu, aplikasi sanggup mengetahui intensitas para siswa dikala tes. Perihal ini membolehkan sebab terdapatnya fitur yang sanggup memastikan ditebak ataupun tidaknya hasil jawaban para siswa.“ Pada dikala tes sudah berakhir hendak nampak tiap jawaban, apakah para siswa menduga ataupun tidak,” jelas dosen Kementerian Metode Informatika ini. Tidak rumit, bagi Yuhana, i- Assessment sangat gampang digunakan dengan User Interface( UI) yang interaktif serta intuitif. 

Dia menguraikan langkah awal yang butuh dicoba merupakan meng- install aplikasi i- Assessment terlebih dahulu. Berikutnya, masuk ke dalam aplikasi dengan akun yang sudah terdaftar lebih dahulu, ataupun bila belum siswa bisa mendaftarkan diri di taman yang sama pula.“ Kala masuk carilah tes yang hendak diambil serta klik mulai. Tetapi para siswa dimohon membaca overview tes serta klik mulai lagi,” bebernya.

 Tidak menyudahi di sana, setelahnya siswa dapat memilah jawaban serta mengkonfirmasinya, sebab pada evaluasi adaptif tidak dapat kembali ke soal lebih dahulu. Sehabis mengisi 6 jawaban, sistem hendak memohon siswa buat mengisi kuesioner serta klik simpan. Terakhir, nilai siswa hendak langsung keluar serta bisa menaruh hasil tes dalam tipe Portable Document Format( PDF) serta bila ingin bisa pula mencetaknya dengan perlengkapan raga i- Assessment yang terdapat. 

Cari Kerja, Lulus Dapat Langsung Berkarier Sebaliknya buat mempersiapkan soal tes, para guru bisa merambah aplikasi web i- Assessment yang bisa digunakan buat memasukkan soal. Masih menimpa soal, Yuhana melaporkan kalau aplikasi ini masih dalam sesi pengembangan.“ Dikala ini kita lagi meningkatkan big informasi buat bank soal yang bisa menaruh bermacam tipe soal yang jumlahnya dapat menggapai jutaan soal,” ucapnya.

 Lebih lagi, Yuhana mengatakan kalau aplikasi ini telah dipraktikkan pada 3 Sekolah Bawah( SD) di Surabaya serta telah memberikan kuesioner dan memperoleh masukan- masukan yang menunjang.“ Sangat tertarik apabila dapat memakai i- Assessment buat tes sekolah,” ungkap Veronica Sridarmafti, Kepala SD Katolik Kristus Raja Surabaya. Terakhir, Yuhana menuturkan kalau i- Assessment lebih dahulu sudah mengadakan soft launching pada bertepatan pada 20 Mei kemudian bersama Rektor ITS Profesor Dokter Ir Mochamad Ashari. Ke depannya, Yuhana berencana hendak bawa i- Assessment ini jadi adaptive learning. Yuhana pula berharap i- Assessment ini nantinya bisa digunakan oleh siswa di jenjang apa juga.


Belum ada Komentar untuk "ITS Rancang Aplikasi Ujian Cerdas i-Assessment untuk Menilai Kemampuan Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel