WiFi Ilegal Berbahaya bagi Pengguna, Kenali Ciri-cirinya

 Baru- baru ini seseorang laki- laki bernama samaran Dia( 28) di Pacitan, Jawa Timur ditangkap polisi sehabis teruji menyalurkan jaringan internet WiFI miliknya secara ilegal. Dekat 96 pelanggan memperoleh saluran jaringan WiFi yang dia bagikan bandwidth internet yang dipunyai( 90 Mbps) ke para pelanggannya, tiap- tiap memperoleh bandwidth internet 0, 8 Mbps.

 Bandwidth tersebut dia jual kepada para pelanggannya dengan harga" berlangganan" Rp 165. 000 per bulan, sehingga jadi mesin duit tertentu untuk Dia. Aksi tersebut ilegal sebab melanggar Undang- undang Cipta Kerja Pasal 11. Di Indonesia, cuma penyelenggara telekomunikasilah yang dapat menyalurkan akes jaringan internet ke pelanggan. Lalu, gimana metode mengenali WiFi ilegal ataupun tidak? Apakah terdapat perbedaannya serta ciri- cirinya? Identitas WiFi ilegal Pengamat telekomunikasi Moch S. Hendrowijono berkata kalau tidak terdapat perbandingan yang mencolok yang dapat menginformasikan pengguna apakah jaringan WiFi yang dipakai ilegal ataupun sah. 

Tetapi, dia menyebut kalau aplikasi penyaluran WiFi ilegal dapat dilihat di dekat pengguna itu sendiri. Baca pula: Kominfo Dorong Operator Seluler Perluas 4G Demi Cegah WiFi Ilegal Sebagian di antara lain semacam pemakaian perlengkapan penguat sinyal internet ataupun router oleh orang tidak hanya pihak penyedia internet( ISP) formal. Tidak hanya itu tawaran dari penyedia WiFi individu yang mematok harga buat memakai jaringan WiFi mereka." Jika seorang memperoleh tawaran internet ataupun WiFi dengan ketentuan membayar, serta di rumahnya hendak dipasangi repeater ataupun router, penyaluran WiFi itu telah tentu ilegal," ucap laki- laki yang akrab disapa Hendro itu kepada KompasTekno, Selasa( 12/ 4/ 2022). 

Hendro melanjutkan, pemakaian WiFi yang telah dipaketkan dengan bayaran sewa, misalnya kontrakan rumah, apartemen, serta lain sebagainya tidak tercantum pemakaian WiFi ilegal. Karena, pemakaian internet di ranah tersebut umumnya tidak mengandalkan router ataupun repeater serta ialah sarana dari tempat hunian. Tetapi, yang jadi permasalahan serta menjadikan WiFi itu ilegal merupakan kedatangan oknum ataupun pihak- pihak di luar pihak ISP yang menawarkan layanan internet berbayar sewenang- wenang dengan bayaran spesial." Pihak yang memasang WiFi serta dijual kembali ke orang lain itu tercantum penyaluran WiFi ilegal. Karena, pihak yang diperbolehkan buat menyalurkan internet merupakan ISP yang pastinya telah mempunyai izin tertentu," jelas Hendro.

 Apa bahayanya gunakan WiFi ilegal? Baca pula: Hati- hati, Ini Identitas WiFi Ilegal serta Bahayanya buat Pengguna Ahli keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanuwijaya berkata kalau tidak hanya pelanggan dirugikan, pemakaian WiFi ilegal pula terbilang beresiko serta mempunyai resiko yang sama dengan pemakaian WiFi free di tempat universal. Salah satunya merupakan informasi pengguna yang mengalir di jaringan WiFi tersebut dapat disadap serta bocor, ataupun dicuri oleh owner WiFi yang bersangkutan. 

Setelah itu, owner WiFi yang tidak bertanggung jawab pula dapat saja menyelipkan program beresiko alias malware ke pc ataupun fitur yang mengakses WiFi ilegal tersebut." Kemudian, owner router( WiFi ilegal) pula dapat saja menyelipkan iklan pada tiap web website yang pengguna kunjungi, dan memusatkan pengguna akses ke web beresiko yg sangat berpotensi buat aktivitas pencurian kredensial serta peninggalan digital yang lain," tutur Alfons kala dihubungi KompasTekno, Selasa( 12/ 4/ 2022). 

Buat itu, pengguna dianjurkan tidak memakainya lagi bila mereka ketahui kalau itu ialah WiFi ilegal. Buat berjaga- jaga, pengguna dapat mengandalkan bermacam layanan virtual private network( VPN) yang berseliweran di internet buat mengamankan koneksi internet mereka." Dengan memakai VPN, sekalipun WiFi- nya dapat di sadap serta owner router mau mencuri kredensial dari pengakses WiFi yang bersangkutan, hingga perihal itu hendak sangat susah dicoba sebab data yang mengalir bakal dienkripsi oleh VPN," pungkas Alfons. 

Belum ada Komentar untuk "WiFi Ilegal Berbahaya bagi Pengguna, Kenali Ciri-cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel