Apa Itu Android Auto dan Apa Fungsinya?

  Android merupakan sistem operasi (OS) smartphone terpopuler di dunia. Kegunaannya lebih dari sekadar untuk ponsel. Selain smartphone, Android dapat menjadi pilihan tepat untuk navigasi saat berkendara.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika (NHTSA) mengungkapkan pengemudi yang terganggu dapat menyebabkan kecelakaan. Pada tahun 2019, kasus tersebut menelan 3.142 jiwa. Menurut NHTSA, membaca atau mengirim pesan dapat mengalihkan pandangan pengemudi selama lima detik. Waktu tersebut dinilai cukup lama dan bisa terjadi peristiwa yang mengubah hidup.

Mengirim pesan saat mengemudi merupakan tindakan ilegal di banyak yurisdiksi yang menambahkan alasan lain untuk menghindarinya. Di beberapa tempat, mungkin ilegal menggunakan telepon sepenuhnya saat mengemudi kecuali jika terhubung ke sistem handsfree.

Android Auto

Untuk mengatasi masalah ini, Android Auto bisa menjadi solusi. Sebab, aplikasi itu mengintegrasikan fitur yang membuat mengemudi lebih aman sambil memungkinkan seseorang untuk menggunakan fitur ponsel mereka.

Android Auto dapat dijalankan dengan salah satu dari dua cara. Pertama, di ponsel Anda yang perlu disambungkan ke mobil Anda melalui Bluetooth atau kabel USB atau langsung di sistem infotainment kendaraan yang didukung.

Menurut Android Central, Android Auto smartphone hadir dalam beberapa versi berbeda. Untuk perangkat yang menjalankan Android 9 dan yang lebih lama terdapat aplikasi Android Auto. Sementara Android 10 dan 11 aplikasi dapat ditemukan dengan nama Android Auto for Phone Screens dan Android 12 dengan Google Assistant Driving Mode. Meskipun namanya berbeda, banyak fungsi yang ditawarkan sama.

Beberapa kendaraan baru menawarkan integrasi Android Auto secara langsung dalam sistem infotainment mereka sehingga memberikan pengalaman yang jauh lebih efisien. Hampir setiap pabrikan besar mendukung Android Auto dengan Google mencantumkan lebih dari 500 model yang kompatibel.

Dilansir Slash Gear, Senin (7/2), Google Assistant adalah fitur utama yang tersedia di setiap versi Android Auto yang membawa perintah untuk mengaktifkan suara ke kendaraan. Ini bisa sangat berguna saat mendapatkan petunjuk arah, memutar musik, menanggapi teks, melakukan panggilan telepon, memeriksa cuaca, dan banyak lagi saat mengemudi. Asisten Google akan membacakan pesan dan obrolan untuk Anda dalam upaya untuk memastikan Anda tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan.

Selain Google Assistant, Android Auto menyediakan antarmuka layar sentuh pada smartphone dan mendukung sistem infotainment. Antarmuka dioptimalkan untuk akses cepat ke fitur dan aplikasi perangkat lunak. Perusahaan tidak merekomendasikan untuk menggunakan antarmuka sentuh saat mengemudi tetapi ini merupakan pilihan yang efektif saat kendaraan diparkir. 

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Android Auto dan Apa Fungsinya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel